Bagaimana cara membuat blog
merupakan pertanyaan yang paling sering saya terima saat ini terutama
dari pengunjung blog ini maupun subscriber saya yang masih pemula dan
belum memiliki blog atau website. Bagi saya sendiri, cara bikin blog
tidak sulit karena saya memang sudah terbiasa membuat blog karena memang
merupakan pekerjaan saya sebagai blogger.
Memang tidak bisa
dipungkiri lagi dengan semakin berkembangnya jumlah pengguna internet
khususnya di Indonesia dari tahun ke tahun yang didukung dengan koneksi
internet yang semakin cepat dan banyak pilihannya, kini semakin banyak
para pengguna ini yang tertarik untuk membuat blog sendiri entah itu
hanya untuk curhat, sharing, silahturahmi atau sekedar mengabadikan
sebuah konten hingga yang bertujuan membuat blog untuk digunakan
mendapatkan profit dari internet atau istilah kerennya adalah make money
online.
Contohnya saya yang saat ini membuat blog untuk mencari
uang dari internet baik itu sebagai affiliasi produk digital, bermain
Adsense, hingga jual beli blog yang saya lakukan di Flippa. Bayangkan
jika anda bisa bikin blog kemudian blog tersebut menghasilkan profit dan
menjualnya dengan harga yang tinggi? tentu sangat menarik bukan?
Apa Itu Blog?
Sebelum
lanjut bagaimana cara membuat blog itu dilakukan, saya akan jelaskan
terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan blog itu. Jadi alangkah lebih
bagus jika anda tahu dulu pengertian blog itu sebelum mulai
menggunakannya.
Blog sebenarnya adalah sebuah singkatan dari dua kata yaitu
“Web” dan
“Log”.
Web yang dimaksud adalah website dan Log adalah sebuah catatan. Jadi
secara harfiah bisa diartikan sebuah website yang memiliki fitur
pencatatan dalam bentuk kronologis yang berurutan alias konten serial
mulai dari yang terlama hingga yang terbaru. Penggunakan blog secara
umum adalah suatu website yang digunakan untuk menambahkan atau
mengupdate konten secara berkala.
Beberapa fitur-fitur umum yang ada di sebuah platform blog adalah sebagai berikut:
Homepage
dalam sebuah blog digunakan untuk menampilkan ringkasan konten dengan
jumlah tertentu dan memiliki link ke posting yang lama.
Banyak
blogger yang memiliki posting berjumlah ratusan hingga ribuan selama
beberapa tahu ngeblog dan posting-posting tersebut akan diarsipkan
secara bulanan yang kemudian bisa diakses dengan link seperti: March
2008, April 2008, May 2008 dan seterusnya.
Fungsi
kategorisasi dalam sebuah blog ini biasanya digunakan untuk
menggolongkan atau mengelompokkan konten postingan dengan topik yang
sama dalam satu kategori. Biasanya digunakan pada blog yang membahas
topik general atau umum.
Tags biasa
digunakan untuk mentagging posting dengan kata kunci tertentu yang
relevan yang bertujuan untuk memudahkan pengunjung menemukan posting
yang berkaitan dengan menggunakan link tags.
Ini
adalah fitur paling unik dari sebuah blog karena merupakan pengembangan
dari sistem web 2.0 dimana antara pengunjung blog dan pemilik blog bisa
berinteraksi atau berdiskusi pada topik yang dibahas dengan menggunakan
sistem yang terletak di bawah setiap artikel blog.
Ini adalah kumpulan link navigasi artikel-artikel terbaru yang biasanya terletak di sidebar.
Ini adalah kumpulan link komentar-komentar terbaru yang biasanya terletak di sidebar.
Sama
dengan website secara umum, sebuah blog juga memiliki fasilitas search
box untuk digunakan mencari konten artikel dalam sebuah blog.
Ini
adalah fitur untuk menempatkan link blog lain yang biasanya disukai
oleh pemilik blog dengan topik pembahasan yang sama namun tidak selalu
sama.
Ada beberapa konten artikel yang tidak bisa dimasukkan sebagai posting berkala seperti halaman
Tentang Kami dan
Kontak Kami, maka ini akan dibuat sebagai format pages atau halaman statis.
RSS
adalah singkatan dari really Simple Syndication dimana fungsinya
biasanya digunakan oleh pembaca blog untuk selalu mendapatkan update
artikel terbaru pada blog-blog favoritnya.
0 komentar:
Posting Komentar